Sunday, October 3, 2010

VoIP (Voice over Internet Protokol)

VoIP (Voice Over Interner Protocol) merupakan sebuah metode untuk mengubah sinyal audio analog menjadi data digital yang dapat ditransfer melalui internet (jaringan data).

Dengan konvergensi antara suara dan data, jaringan yang digunakan cukup satu, namun kebutuhan komunikasinya dapat dilakukan baik untuk suara maupun data. Selain itu berbagai aplikasi lainnya menjadi dimungkinkan. Para pemanufaktur perangkat komunikasi untuk kebutuhan perusahaan, seperti Alcatel, Cisco, Siemens, Nortel Networks atau NEC lebih tertarik untuk mengembangkan strategi baru untuk bermigrasi ke pengembangan sistem VoIP.

Kalian mungkin bertanya pada diri sendiri bagaimana hal ini berfungsi. Yah.. mari kita memikirkan hal ini selama beberapa detik


. . . . . . START to THINK . . . . . .


Jika ada kemungkinan untuk mengubah sinyal analog menjadi data digital, kemudian VOIP dapat mengubah standar koneksi internet menjadi metode untuk menempatkan panggilan telepon mana pun di dunia hampir gratis kecuali untuk biaya layanan internet kalian, memungkinkan kalian untuk mem-bypass perusahaan telepon sama sekali.

Cara membuat panggilan
Dengan sistem telepon VOIP adalah mungkin untuk membuat panggilan dalam salah satu dari tiga cara:
  1. ATA (gateway) - Cara termudah untuk membuat panggilan telepon VOIP melalui penggunaan ATA's (adaptor telepon analog) kadang-kadang disebut gerbang. Perangkat ini memungkinkan Anda untuk menggunakan standar yang ada telepon analog. Anda hanya plug standar Anda handset ke ATA (gateway) kemudian sambungkan ATA ke komputer Anda atau koneksi internet Anda, memungkinkan Anda untuk membuat panggilan VOIP. Sebuah ATA mengambil sinyal analog dari telepon standar Anda dan mengubahnya menjadi sinyal digital yang siap untuk pengiriman melalui internet. Beberapa ATA's (gateway) datang dengan software tambahan yang di load ke komputer host, yang memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi untuk VOIP akurat.
  2. IP Phone - handset ini tampak seperti ponsel standar normal. Mereka memiliki konektor RJ 45 Ethernet bukannya standar konektor RJ 11. Ponsel ini memiliki semua perangkat lunak dan perangkat keras yang diperlukan untuk menangani panggilan VOIP sudah dibangun di dalamnya. Mereka terhubung langsung ke router anda, menyediakan sangat cepat dan efektif biaya masuk ke dunia Voice Over IP.
  3. Komputer ke komputer - Ini adalah cara termudah untuk memanfaatkan teknologi VOIP. Ada banyak perusahaan yang menawarkan perangkat lunak yang efektif biaya yang dapat Anda gunakan untuk jenis VOIP. Biasanya satu-satunya biaya yang Anda bayarkan adalah bulanan satu dari penyedia layanan internet Anda, bahkan untuk panggilan jarak jauh. Yang Anda butuhkan adalah mikrofon, speaker, kartu suara yang cocok dan koneksi internet yang cepat.

Kelebihan:
  • Biaya komunikasi (khususnya internasional) yang lebih murah
  • Meningkatkan komunikasi data dan pengembangan berbagai aplikasi baru yang lebih memberi manfaat bagi pemenuhan kebutuhan
  • Akses jarak jauh, misalnya ke kantor cabang
  • Berkomunikasi tanpa batas, sepanjang telah terkoneksi dengan internet
  • Variasi cara berkomunikasi
- Panggilan dari PC-ke-PC
- Komputer-ke-Telepon.
- Telepon-ke-Komputer
- Telepon-ke-Telepon
  • Dapat mengirim pesan melalui fax dengan memanfaatkan jaringan berbasis IP
  • Memungkinkan untuk mengambil dan meninggalkan voice mail melalui Internet dengan integrated messaging
  • Kemampuan untuk melakukan multimedia teleconference melalui Internet
  • Penyedia layanan VOIP biasanya memberikan fitur seperti:
- Caller ID
- Call Waiting
- Call Transfer
- Ulangi panggilan (Redial)
- Kembali Panggil
- Three-Way panggilan
- Meneruskan panggilan ke nomor tertentu
- Mengirim panggilan langsung ke voicemail
- Memberikan pemanggil nada sibuk

Kekurangan:
  • Teknologi yang digunakan dalam banyak sistem VOIP dapat mempengaruhi pelaksanaan telepon.
  • Biaya instalasi dan biaya layanan bahkan mungkin lebih tinggi karena masalah keandalan. Singkatnya hanya tidak sebanding dengan kerumitan, semakin tinggi biaya sekunder akan menghapus setiap potensi tabungan

No comments: